Perbedaan Adobe After Effect dengan Adobe Premiere Pro

Bagi teman – teman tentunya sudah pernah mendengar aplikasi untuk editing video. Yaitu Adobe After Effect dan Adobe Premiere Pro. Kedua aplikasi tersebut sama – sama dikeluarkan oleh Adobe tetapi memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Mungkin bagi yang belum begitu paham akan menganggap adobe After Effect dan Adobe Premiere Pro adalah aplikasi editing video yang sama.

perbedaan adobe after effect dengan adobe premiere pro

Dari segi fungsinya saja kedua aplikasi tersebut sudah jelas sangat berbeda. Oleh karena itu Adobe After Effect dan Adobe Premiere Pro sering menjadi perbincangan antara video editor yang masih pemula. Bagi yang belum paham pasti bingung menentukan aplikasi mana yang harus digunakan. OK langsung saja kita bahas satu – persatu perbedaan dari kedua aplikasi tersebut.

Perbedaan Adobe After Effect dan Adobe Premiere Pro

1.Dari Segi Fungsi

#Adobe After Effect

Adobe After Effect adalah Compositing Software yaitu aplikasi yang digunakan untuk menambahkan visual effect atau mengedit effect pada video. Seperti Computer Generated Image (CGI), Digital Compositing, Virtual Cinematography, Stop Motion Animation, Chroma Keying, Motion Graphic. Jadi untuk mengedit video seperti menggabungkan dan memotong video kurang cocok karena menggunakan banyak layer.

#Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro adalah Video Editing Software yaitu aplikasi yang di khususkan untuk mengedit video. Seperti manipulasi video, menggabungkan video, memotong video, mixer audio dan lain sebagainya. Jadi untuk melakukan visualisasi pada video admin sarankan untuk menggunakan Adobe After Effect. Karena fiturnya lebih kompleks dibandingkan dengan adobe premiere pro.

2.Dari Segi Tool

#Adobe After Effect

Adobe After Effect memiliki tool yang lebih lengkap dibandingkan dengan Adobe Premiere Pro. Khususnya pada bagian effect seperti transition, motion graphic, lower third dan masih banyak lagi. Tapi untuk penggabungan video atau mengedit audio Adobe After Effect lebih rumit karena menggunakan banyak layer. Kalau kalian ingin membuat video intro youtube, atau menambahkan animasi seperti di film – film maka gunakanlah Adobe After Effect.

#Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro memang memiliki tool yang lebih simpel dibandingkan dengan Adobe After Effect. Tapi pada bagian effectnya saja karena Adobe Premiere Pro adalah aplikasi yang di desain untuk mengedit video bukan untuk mengedit effect. Jadi untuk menggabungkan dan memotong video Adobe Premiere Pro lebih unggul dibandingkan dengan Adobe After Effect . Oleh karena itu Adobe Premiere Pro sangat baik untuk pembuatan film ataupun video clip.

Baca Juga : 5 Daftar Aplikasi Editing Video Terbaik Cocok Untuk Youtuber

Jadi mana yang lebih baik dan mana yang harus digunakan?

Kalian tidak bisa membandingkan antara Adobe After Effect dan Adobe Premiere Pro karena dari segi fungsinya saja sudah sangat jauh berbeda.

  • Adobe After Effect : Digunakan untuk mengedit atau membuat effect pada video
  • Adobe Premiere Pro : Digunakan untuk mengedit video (menggabungkan dan memotong video)

Admin rasa kalian sudah mengetahui perbedaan antara Adobe After Effect dan Adobe Premiere Pro. Jadi jangan sampai salah saat mengedit effect menggunakan Adobe Premiere Pro atau sebaliknya saat mengedit video menggunakan Adobe After Effect. Jika kalian sampai salah menggunakan aplikasi tersebut pasti akan sangat merepotkan dan membuang – buang waktu.

Sekian artikel tentang Perbedaan Adobe After Effect dan Adobe Premiere Pro. Jika belum paham silahkan bertanya melalui kolom komentar. Semoga artikel ini membantu buat kalian yang masih bingung. Selamat belajar editing video.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.