Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Banyak pengguna PC sekarang beralih menggunakan laptop. Apalagi bagi para pelajar dan yang bekerja di lapangan. Pasti lebih memilih laptop karena mudah dibawa kemana-mana. Tapi pasti kamu sangat kesal apabila punya laptop yang sangat lemot.

penyebab laptop lemot

Apalagi kamu sedang mengerjakan sesuatu yang harus diselesaikan dengan cepat. Laptop yang mempunyai spesifikasi tinggi juga bisa lemot. Biasanya penyebab utama laptop lemot adalah virus. Sudah menjadi hal biasa jika laptop terserang sebuah virus. Tapi kamu jangan panik jika mengalami hal tersebut. Karena ada banyak solusi untuk mengatasinya.

Oleh karena itu kamu harus tau kenapa laptop yang kamu gunakan lemot. Berikut adalah penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya dijamin ampuh 100%

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

1.Banyak Aplikasi Yang Terinstall di Laptop

Kemungkinan pertama laptop lemot adalah banyak aplikasi yang terinstall. Hal ini sangat memakan kapasitas harddisk laptop. Terutama game berkualitas HD yang sangat memakan kapasitas harddisk. Ditambah lagi kamu banyak menginstall aplikasi. Jadi kamu harus tahu kapasitas harddisk agar tidak berlebihan.

Cara Mengatasi

  • Uninstall aplikasi yang tidak perlu
  • Jangan terlalu banyak menginstall game
  • Ganti harddisk dengan kapasitas yang lebih besar
  • Gunakanlah harddisk eksternal untuk menginstall game dan aplikasi yang berukuran besar

Baca Juga : 8 Fungsi Tombol Kombinasi Keyboard Yang Jarang di Ketahui

2.Menjalankan Banyak Aplikasi

Saat kamu membuka aplikasi komponen laptop yang bekerja adalah processor dan RAM. Kedua komponen tersebut ada batasnya tergantung spesifikasi. Kalau kamu membuka banyak aplikasi pasti akan sangat lemot. Bahkan bisa terjadi not responding dan yang paling parah adalah tiba-tiba mati karena laptop tidak mampu bekerja.

Cara Mengatasinya

  • Buka aplikasi yang dibutuhkan saja
  • Tutup aplikasi jika sudah tidak dibutuhkan lagi

3.Laptop Terjangkit Sebuah Virus

Virus adalah salah satu penyebab laptop lemot yang sangat menjengkelkan. Selain merusak file dan program virus juga bisa menggandakan diri. Tidak hanya itu saja banyak hal buruk yang disebabkan oleh virus. Jadi kamu perlu curiga adanya virus di laptop jika sangat lemot.

Cara Mengatasi

  • Gunakan Antivirus dan selalu update database
  • Tidak sembarangan mencolokan Flashdisk ke laptop
  • Hati-hati saat menginstall aplikasi yang kamu download dari internet

Baca Juga : Cara Mengubah Tampilan Kursor Menjadi Keren di Semua Windows

4.Hardware Laptop Sudah Melemah

Seiring berjalanya waktu komponen pada laptop akan melemah dan rusak. Terutama harddisk, RAM dan Processor. Laptop pasti akan lemot dan panas kalau salah satu komponen tersebut bermasalah.

Biasanya jika ada hardware yang bermasalah bunyi kipas pada laptop akan lebih keras dari biasanya. Tapi ada beberapa kasus kipas laptop berputar tidak normal karena disebabkan oleh debu. Jadi kamu harus rajin membersihkan laptop dari debu agar tidak masuk kebagian dalam laptop sehingga bisa lebih awet.

Cara Mengatasi

  • Ganti komponen yang rusak. Jika tidak bisa sendiri bawa ke tukang service
  • Rajin membersihkan laptop dari debu agar awet
  • Tidak menggunakan laptop secara berlebihan dan melampui batas agar hardware tidak cepat rusak

Itulah beberapa penyebab laptop lemot. Mungkin kamu pernah menjumpai penyebab lainya yang membuat laptop lemot. Silahkan beritahu kepada pembaca yang lainya agar mereka juga tahu. Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.