MediaTek vs Snapdragon Mana Yang Lebih Bagus Untuk Android

MediaTek vs Snapdragon Mana Yang Lebih Bagus Untuk Android – Belakangan ini perkembangan android semakin pesat. Banyak android yang di produksi setiap bulanya dengan fitur yang baru. Tentunya kalian harus lebih teliti dalam melihat spesifikasi android yang ditawarkan. Salah satunya adalah chipset yang berpengaruh pada kinerja android. Ada beberapa perusahaan pembuat chipset yang digunakan oleh vendor android yang paling populer adalah MediaTek dan Snapdragon. Saya akan membahas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing chipset. Hal ini mungkin akan menjadi perbandingan kalian dalam memilih android.

MediaTek vs Snapdragon Mana Yang Lebih Bagus

mediatek vs snapdragon mana yang paling bagus

#1.Perbandingan GPU (Graphic Processing Unit)

Kinerja grafis pada perangkat android terpusat pada GPU (Graphic Processing Unit). GPU sama dengan VGA pada laptop atau komputer. Snapdragon memang lebih unggul dalam segi grafis, tetapi chipset ini memakan RAM yang lebih banyak. RAM tentunya mepunyai batasan tertentu jika terlalu banyak memakan RAM pasti akan mengganggu mobilitas dan android menjadi lebih lola. Berbeda dengan MediaTek yang tidak mamakan banyak RAM. Sehingga membuat kinerja android lebih maksimal dan lancar. Tetapi dalam segi grafis kalah satu tingkat dengan Snapdragon.

#2.Perbandingan Processor

Untuk perbadingan processor Snapdragon lebih unggul dari pada MediaTek. Hal ini akan sangat berpengaruh pada speed acces smartphone. Saat ini MediaTek terus mengembangkan produknya dengan memperbanyak inti (core). Kalian jangan terlena dengan inti (core) yang banyak, karena processor yang berinti banyak cenderung lebih boros baterai.

Baca Juga : Tips Memilih / Membeli Hp Android Bekas Yang Masih Bagus

Snapdragon lebih mengincar kecepatan dari pada memperbanyak jumlah inti (core). Jadi snapdragon bisa bekerja dengan cepat hanya menggunakan 4 inti (quad-core). Seperti yang di terapkan pada Samsung Galaxy S7 yang menggunakan Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 Quad-core dengan kecepatan 2×2.15 GHz.

#3.Perbandingan Kamera dan Video

Jika smartphone sama – sama memiliki kamera 8MP, tetapi bebeda chipset maka Snapdragon lebih unggul dari pada MediaTek. Karena Snapdragon lebih mengejar bebagai teknologi baru seperti jaringan LTE (4G), video recording, dan sensor kamera yang lebih besar. Sehingga smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon memiliki kualitas yang baik untuk berbagai kepentingan.

Sangat bebeda dengan MediaTek yang lebih kalem dalam menanggapi inovasi baru dalam smartphone. Bukan berarti MediaTek tidak ingin bersaing dengan Snapdragon. Tentu MediaTek ingin menghadirkan smartphone berteknologi canggih namun harga relative terjangkau. Berarti dalam segi kamera dan video Snapdragon lebih unggul dari MediaTek.

#4.Perbedaan Harga

Masyarakat cenderung memilih smartphone dengan harga terjangkau. Mungkin ini menjadi alasan mengapa MediaTek tertinggal satu langkah dengan Snapdragon. Karena MediaTek ingin tetap bermain di kelas menengah kebawah. Berbeda dengan Snapdragon yang identik dengan processor quad-core premium yang banyak di gunakan pada smartphone high level seperti samsung.

Baca Juga : Cara Membedakan iPhone Asli Dengan Yang Palsu

Dari perbedaan yang saya jelaskan di atas mungkin kalian bisa menyimpulkan mana yang lebih bagus MediaTek atau Snapdragon. Keduanya sama – sama bagus tetapi Snapdragon sedikit lebih unggul. Jika kalian menginkan smarphone canggih dengan harga yang cukup terjangkau mungkin smartphone dengan chipset MediaTek bisa menjadi alternative. Tetapi jika kalian mengingkan smartphone kualitas premium lebih baik memilih smartphone dengan chipset Snapdragon. Secanggih apapun smartphone belum tentu bisa memenuhi kebutuhan kalain. Jadi pilihlah sesuai kebutuhan dan sesuaikan dengan uang yang kalian miliki.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *