Cara Mudah Backup File / Data Android Tanpa Aplikasi & Root

Backup File / Data Android – Sekarang ini pengguna android meningkat drastis sejak android pertama kali di luncurkan karena fiturnya yang lengkap dapat memudahkan kita untuk melakukan berbagai hal. Banyak vendor- vendor android yang megeluarkan produk andalanya dengan kapasitas memori yang lumayan besar hampir sama dengan flashdisk

Cara Mudah Backup File / Data Android Tanpa Aplikasi & Root
Cara Backup Android Tanpa Aplikasi dan Root

Sehingga tidak sedikit orang yang menyimpan file / data penting di android, entah itu foto pribadi, dokumen perusahaan, aplikasi, musik, video dan masih banyak lagi, lalu pernahkah kalian berfikir android kalian tersebut rusak atau hilang dan data – data penting yang ada di dalam android tersebut hilang.

Jika hal tersebut terjadi mungkin kalian akan merasa marah dan kesal, tetapi hal tersebut tidak akan jadi masalah jika kalian sering melakukan Backup file / data yang ada di android. Karena kita masih mempunyai cadangan data yang hilang atau terhapus.

Lalu apa itu Backup ??? Secara umum Backup adalah memindahkan atau menyalin kumpulan informasi (data) yang tersimpan di dalam hardisk komputer yang biasanya di lakukan dari satu lokasi / perangkat ke lokasi / perangkat lain. Data atau informasi tersebut dapat berupa file dokumen, gambar, video, audio, system windows / android, diver atau program tertentu.

Bagaimana cara Backup paling mudah dan aman untuk android ??? Banyak cara / metode melakukan Backup di android dari menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi, online atau offline, bahkan ada yang membutuhkan komputer dan akses root android, namun kali ini FormaTekno akan memberitahukan kepada kalian bagaimana cara backup android paling mudah dan aman, yaitu meggunakan google backup dan tanpa aplikasi.

Backup File / Data Android Tanpa Aplikasi & Root

Cara Mudah Backup File / Data Android Tanpa Aplikasi & Root
Backup Android
  • Masuk ke menu Setting di Android kalian
  • Pilih Backup dan Reset
  • Selanjutnya beri tanda centang pada opsi Backup my data
  • Kembali ke menu Setting kemudian pilih Account > Google
  • Pilih Account Google kalian yang akan digunakan untuk melakukan backup 
  • Lakukan sinkronisasi dengan account google tersebut
  • Proses ini menghubungkan account google dengan google server dan sekaligus mengirim data android ke google server, sehingga data android kalian sudah terbackup di google server
  • Untuk melakukan proses ini membutuhkan koneksi internet agar bisa berjalan dengan lancar
  • Jika semuanya sudah selesai berarti kalian berhasil melakukan backup data android

Cara di atas adalah cara paling mudah dan aman untuk melakukan backup android, lakukanlah backup rutin agar sewaktu – waktu terjadi hal buruk pada android, kita tidak khawatir file / data penting di android hilang.

Kelemahan melakukan backup menggunakan cara di atas adalah tidak semua data berhasil di backup, seperti sms, kontak, login pada aplikasi. Itulah cara backup file / data android tanpa aplikasi, terus kunjungi FormaTekno untuk mendapatkan tutorial – tutorial mengenai teknologi dan infromasi menarik lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.