Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti Pada HP Android

Apakah kamu pernah mengalami sayangnya aplikasi telah berhenti secara terus menerus pada android. Jika iya pastinya sangat kesal apalagi hal tersebut terjadi ketika sedang bermain game. Saya sendiri juga pernah mengalami hal tersebut. Setelah saya mencari beberapa referensi untuk mengatasi masalah tersebut akhirnya saya rangkum.

Jadi jika sobat FormaTekno mengalami masalah “sayanya aplikasi telah berhenti” bisa mencoba cara yang saya tulis di bawah. Tapi sebelum itu ada beberapa penyebab yang membuat aplikasi telah berhenti atau atau force close.

cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di android

Penyebab Aplikasi Telah Berhenti dan Selalu Force Close

1.Aplikasi Tidak Kompatibel : Aplikasi yang tidak cocok bisa menjadi penyebab pertama terjadinya force close. Misal sebuah aplikasi hanya bisa berjalan pada OS Lollipop dan kamu paksa pada OS Kitkat. Tentunya akan ada penolakan sistem sehingga error dan force close terus menerus.

2.Cache Menumpuk : File Cache yang menumpuk bisa membuat kerja dari aplikasi yang sangat berat. Untuk itu hapus file cache setiap minggu agar tidak terlalu banyak. Untuk menghapus file cache kamu bisa masuk pengaturan > aplikasi lalu hapus cache.

3.RAM Penuh : Setiap android memiliki RAM dengan kapasitas yang berbeda-beda. Jika hp android kamu memiliki RAM yang kecil dan di install banyak aplikasi tentunya membuat kinerja android semakin berat. Pastinya hal ini membuat aplikasi yang sedang berjalan langsung terhenti dan bisa lag.

Baca Juga : Daftar Custom Rom Android Paling Ringan dan Terbaik

Setelah kamu mengetahui penyebab terjadinya “sayangnya aplikasi telah terhenti”. Sekarang kita akan membahas cara mengatasinya. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Kamu bisa mencobanya satu persatu. Silahkan simak pembahasanya di bawah ini.

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti Pada Android

1.Hapus Cache Aplikasi

Langkah pertama ketika aplikasi error pada android adalah dengan menghapus cache. Karena dengan terhapusnya cache maka aplikasi seperti baru di install. Tetapi semua data yang sudah tersimpan akan hilang. Contohnya pada aplikasi BBM jika kamu hapus cachenya maka ketika ingin menggunakan BBM harus memasukan email dan password lagi.

2.Update Aplikasi

Dengan melakukan pembaruan aplikasi maka bisa menghilangkan bugs yang menyebabkan aplikasi error. Karena setiap developer aplikasi android selalu memperbaiki bugs pada aplikasinya. Sehingga bisa bekerja baik dengan berbagai macam OS dan merek android.

3.Hapus Aplikasi dan Install Kembali

Apabila kedua cara di atas masih belum bisa mengatasi “sayangnya aplikasi android telah berhenti” maka kamu hapus aplikasi yang error. Dan ganti dengan versi lain karena mungkin aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan perangkat android kamu.

4.Hard Reset

Ini adalah cara yang cukup ampuh untuk mengatasi aplikasi error pada android. Dengan hard reset android seperti baru lagi karena semua aplikasi dan pengaturan akan kembali seperti saat kamu membeli android. Tapi sebelum melakukan hard reset backup semua data yang penting seperti foto, dokumen, lagu dan yang lainya. Karena akan ikut terhapus saat android di hard reset.

5.Flash Android

Jika semua cara tidak ada yang berhasil cara yang paling jitu dan ampuh adalah flashing. Coba ganti dengan OS lain atau upgrade ke OS yang lebih tinggi. Karena mungkin OS yang di gunakan android kamu sudah error atau banyak bugs. Dan membuat semua aplikasi yang berjalan tiba-tiba berhenti.

Baca Juga : Panduan Belajar Flash Android di Jamin Pasti Bisa

Catatan : Adapun penyebab lain aplikasi selalu terhenti pada androd yaitu MMC Android yang sudah melemah. Ciri-cirinya adalah aplikasi selalu berhenti, tidak bisa melakukan hard reset dan pasti akan bootloop jika di flash.

Itulah tips dari saya untuk mengatasi “sayangnya aplikasi telah bernti” pada android. Semoga bisa membantu. Apabila kamu punya cara lain dan berhasil untuk mengatasi masalah di atas silahkan beritahu melalui kolom komentar. Agar pengunjung FormaTekno yang lainya juga tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *