4 Cara install CWM / TWRP Recovery Semua Android Tanpa PC

install CWM / TWRP Recovery – Sekarang ini banyak pengguna android yang mengganti Recovery bawaan android dengan Custom Recovery, pengertian dari recovery sendiri adalah sebuah menu yang tidak terikat oleh sistem dan bisa di akses saat menghidupkan devices android, dan berguna untuk berbagai macam keperluan untuk memaksimalkan pengguna devices android tersebut.

4 Cara install CWM / TWRP Recovery Semua Android Tanpa PC
Cara Install Cwm / TWRP Tanapa Pc

Android memiliki dua jenis recovery, yakni “stock recovery dan custom recovery”. Stock recovery android memiliki fitur yang cukup terbatas karena memang di buat seperti itu. Tujuan dari stock recovery adalah untuk menghapus semua file data dan user, atau untuk melakukan update system, wipe data, factory reset, bisa di bilang stock recovery sangat berguna namun terbatas.

Lain lagi dengan Custom Recovery yang akan menawarkan lebih banyak hal, mereka telah di rancang untuk memungkinkan fungsi backup dan restore, rooting, upgrade custom ROM dan masih banyak lagi, semua hal tadi bisa kalian lakukan tanpa pc / komputer jika android sudah terinstall custom recovery seperti CWM / TWRP.

Setelah kalian mengetahui sedikit pengertian tentang recovery sekarang saya akan menjelaskan cara untuk menginstall nya. Sebenarnya ada dua cara install CWM / TWRP recovery yaitu menggunakan PC dan tanpa PC. Tapi di sini saya akan menjelaskan kepada kalian cara install CWM / TWRP tanpa PC, karena lebih mudah dan tidak ribet.

Cara Install CWM di Semua Android Tanpa Komputer / Laptop

#1. Menggunakan ROM Manager

4 Cara install CWM / TWRP Recovery Semua Android Tanpa PC
ROM Manager

Langkah 1 > Download dan install aplikasi ROM Manager, setelah berhasil terpasang di perangkat android silahkan buka aplikasi tersebut.

Langkah 2 > Silahkan kalian pilih pada bagian Recovery Setup, di sini kalian akan memilih Custom Recovery yang kalian inginkan, ClockworkMod (CWM) atau Team Win Recovery Project (TWRP).

Langkah 3 > Setelah memilih Custom Recovery maka akan muncul Confirm Phone Model, jika terdapat keterangan Unsupported Devices jangan teruskan langkah ini, karena android tidak support menggunakan aplikasi ini, teteapi jika model android kalian muncul silahkan lanjutkan.

Langkah 4 > Jika sudah lalu download, pilih reboot to recovery untuk mengtahui CWM atau TWRP sudah terinstall dengan baik atau belum.

#2. Menggunakan Flashify

4 Cara install CWM / TWRP Recovery Semua Android Tanpa PC
Flashify

Langkah 1 > Untuk menggunakan Flashify android kalian harus dalam keadaan sudah di root, download aplikasi Flashify dan install, jika ada root permision klik grant / accept.

Langkah 2 > Pilih recovery image, download custom recovery yang kalian inginkan, ada 3 pilihan custom recovery CWM, TWRP dan Philz.

Langkah 3 > Jika kalian tidak ingin menggunakan cutom recovery yang tersedia, kalian harus punya recovery.img terlebih dahulu dan simpan di memory internal, kemudian install.

Langkah 4 > Jika ada peringatan Flash recovery? kalian pilih YUP!, kemudian reboot now.

Langkah 5 > Sebaiknya kalian coba masuk ke mode recovery untuk cek apakah recovery sudah terinstall apa belum, jika belum kalian cari recovery.img versi lain, dan ulangi langkahnya lagi dengan menggunakan recovery.img yang berbeda.

#3. Menggunakan Mobileuncle Tools

4 Cara install CWM / TWRP Recovery Semua Android Tanpa PC
Mobileuncle Tool

Langkah 1 > Root android kalian terlebih dahulu, install Mobileuncle Tols dan download file recovery.img simpan di SD CARD usahakan di luar folder agar mudah di cari.

Langkah 2 >  Buka Mobileuncle Tools pilih recovery update, jika kalian menaruh file recovery.img di luar folder maka akan langsung terbaca.

Langkah 3 > Pilih recovery in SDCard, akan muncul Are you sure flash recovery! klik OK

Langkah 4 > Untuk memastikan custom recovery sudah terinstall atau belum silahkan masuk ke mode recovery.

#4. Menggunakan Rashr Tool

4 Cara install CWM / TWRP Recovery Semua Android Tanpa PC
Rashr

Langkah 1 > Pastikan android sudah di root, download aplikasi rashr tool dan siapkan recovery.img

Langkah 2 > Injinkan Superuser Permision, akan muncul popup warning pilih backup optional, atau pilih i know the risk untuk langsung melanjutkan.

Langkah 3 > Pada menu utama rashr tool pilih menu recovery from storage, cari dan pilih file yang kalian siapkan sebelumya, pastikan pilih file recovery berformat .img

Langkah 4 > Proses install akan berjalan dengan cepat, akan muncul pilihan reboot to recovery silahkan silahkan klik YES untuk menuju recovery mode sesuai yang kalian install tadi.

Itulah sedikit penjelasan tentang beberapa cara install custom recovery tanpa menggunakan pc, sebeneranya semua aplikasi yang di gunakan fungsinya sama dan jika terjadi kesalah dalam install recovery sebaiknya kalian ganti recovery versi lain, atau coba menggunakana aplikasi lain, karena mungkin android kalian tidak suport.

Alangkah baiknya kalian backup android terlebih dahulu, karena jika terjadi kesalahan seperti bootloop atau semacamnya kalian tinggal restore saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.